Nokia 5800

Sebulan yang lalu gw akhirnya beli Nokia 5800, setelah berbingung – bingung ria antara milih 5800 ato E71. Yaahh akhirnya gw menerima kenyataan bahwa gadget yang multitasking itu praktis dan sangat diperlukan oleh orang yang menjaga tali silahturahmi seperti gw ini, wahaha malah narsis. Agak susah mbalesin imel – imel dari fans kalo musti lewat leptop, hihihi makin parah narsis saya sodara. Alasan gw sih cuma nyari internet connectionnya ajah, secara di badak kamar gw ga kena sinyal wifi.

nokia-5800-xpressmusicNokia 5800 Express Music

Yahh berikut ini kesan – kesan saya setelah satu bulan hidup bersama Nokia 5800. Jangan harap dapat review dengan istilah – istilah yang njilemet, saya bukan orang IT soale, dan saya juga tidak begitu paham dengan alat – alat berteknologi tinggi. Kalo mo liat review yang bagus yaa bole lah tengok ke sini, ato ke webnya nokia sekalian. Ato kalo mau dijelasin cara makenya sama bule banyak ko videonya di youtube.

Yang baik – baik:

  • Fiturnya cukup lengkap, kelengkapannya liat di link – link di atas yaa.
  • Layarnya guede, kata buku panduannya sih 3.2″ yang mana gw ga sempet ngukur, maluu bo, ntar disangkain ga pcaya ama yg jual lagi, hehe. Gedenya layar mbikin enak kalo lagi brosing.
  • Layar sentuh bikin lebih interaktip lah.
  • Udah HSDPA dan jangan tanya gw itu apah, yang gw tau itu di atasnya 3G, yang artinya klo lu di kota kecepatan internetan lebih cepat. Ga begitu ngaruh kalo di Badak, turun kasta jadi GPRS :p ahh yang penting onlen, hihihi.
  • Koneksinya lengkap, ada wifi, bluetooth dan USB connection.
  • Lebih murah daripada iphone, huahaha, tapi gw beli bukan karena gw pengen iphone tapi ga punya dana lhoo yaa, camkan ituu.
  • Kameranya 3.2 MP, lumayan lah kalo cuma bwat mengabadikan momen.
  • Bisa dicolokin ke TV, jadi kalo mau nonton video bisa lebih gede penampakannya.
  • Internal memory 81 MB, trus bisa ditambah external memory 8 GB ato 16 GB. Bwat orang mungkin biasa ajah, tapi bwat gw yg baru pertama kali punya hape canggih fitur ini sangat membantu. Nomer di phonebook bisa sebanyak – banyaknya, ga perlu ngapusin sms kalo kepenuhan, hahaha norak dahh.
  • Suaranya okeeeee, yaahh secara namanya ajah Express Music pastilah pooooll, walopun fitur ini belum gw eksploitasi secara berlebihan.
  • Pilihan menulis banyak, bisa alphanumeric, QWERTY, mini QWERTY ato handwriting. Tinggal pilih lo suka yang mana.
  • Yang paling gw suka adalah aplikasi Nokia Maps dan GPS. Jenius sekali lah aplikasi ini. Ngebantu banget kalo lagi jalan ke tempat yang baru, ga usah ngebuka peta ukuran A0 ato setebel buku telpon.

Yang buruk – buruk:

  • Layarnya sering disentuh, gampang kotor, apalagi kalo abis nelpon di siang hari, beuuhh eta minyak dari sumur- sumur sekitar pipi nempel semua. Yahh kalo yang ini mah susah dihindari, masa Nokia disuruh bikin layar anti minyak, hehe.
  • Paling parah dari hape ini adalah batrenya katrooook!!! Ini implikasi dari layar sentuh yang butuh daya yang besar. Ditambah layar yang gede juga bikin daya terkuras. Gw kan beli hape ini berharap kalo gw lagi di jalan bisa ndengerin musik sambil brosing ato onlen gituh. Pagi isi penuh, sore jam 5an gitu udah tinggal satu bar. Bener – bener dah, paraaahh. Alternatip solusi sihh mungkin punya batre cadangan.
  • Nulis pake mode Mini QWERTY dan Handwriting sangat susah kalo menurut gw. Mini QWERTY sangat MINI sekali tombolnya, trus pake Handwriting dengan bantuan stylus gw selalu salah dan ngaco. Entah karena emang tulisan gw jelek kali ya.
  • Kameranya kalo moto bunyi “cekrek”, hahaha ga penting banget dah informasi gw ini. Yahh mungkin gw ajah yang belum bisa nyeting supaya bunyi “cekrek” itu ilang. Penting sekali men, soalnya kalo di jalan nemu momen – momen candid, ketauan dung kalo kita poto, hihihi.
  • Kalo lu beli hape ini setelah punya kamera poket, ipod, usb yaaah siap – siap ajah ngerasa menyesal, kenaapaaaa ga dari dulu gw beli gadget satu ajah tapi multifungsi, hihihi, itu mahh gw ajah keknya.
  • Ohh yaaa baru inget, penting lagi ini, sering nge-hang!!! (jreng jreng, dramatis bukan?). Ga tau kenapa, sering banget tiba – tiba layarnya gambarnya ilang, trus ga bisa diapa – apain kecuali dimatiin trus dinyalain. Mumpung masih garansi keknya mau gw pertanyakan ke Nokia Care deh.

Ampe sekarang sih baru itu yang gw temui. Masih banyak fitur yang belum gunain, seperti fitur Kamus Bahasa Cina yang penting sekali, hihihi. Game game-nya juga belum pernah gw maenin. Seperti halnya pegawai baru yang akan menerima penilaian dari bosnya mengenai masa probasinya selama 3 bulan. Maka si hape ini juga akan gw perlakukan seperti itu. Kalo mengecewakan yaahh kita liat nanti, hehe.

12 Comments

Filed under Di Kala Nganggur, Info yang Smoga Penting

12 responses to “Nokia 5800

  1. fikri

    uhuy.. HP baru euyy..
    gw sedang berusaha ngebid iphonenya temen gw.. hehehe
    semoga aman terkendali…

  2. beu lama gak kedengaran kabar ternyata beli 5800
    bikin iri aja lo Fab hehehe …

    mo komen dunk, dari alasan lo di awal (yg nyari gadget buat email2an), kok lo lebih milih 5800 sih?
    kalo kelebihan2 yg lain sih (xpressmusic, layar sentuh dsb.) memang iya, tapi kalo koneksi internet? hmmm … (sok kritikus gw hahaha …)

  3. yanti

    gw mo ganti hp baru, tapi masih bingung hp nokia apa yg bagus, kata temen gw nokia 5800 bagus.
    pengen juga sih, tapi kok kayanya gede banget

  4. @Fikri,
    Wow iphone unlocked? berapaan lo bid Fik??

    @Ojan,
    Hahaha, gw ga bwat imel2an jo Jan, yg bagian ngimelin fans itu mahh becanda aja kaliii, gw punya manajemen artis yg mbalesin imel2 fans, wahahahaha….Kenapa milih 5800, karena msih masuk bujet, lupa dimasukin. Yaaahh gw pan baru ptama punya hape yg bisa internetan jadi bwat gw ini udah okeeeyy, hehe.

  5. @yanti,
    Kalo saran gw liat bujet dulu, adanya berapa. Baru liat mau dipake untuk apa? (selaen nelpon dan sms, hehe). Kalo gede kecil relatip, datengin ajah counternya trus coba pegang2 dehh, ga dipungut biaya kok, hehe…

  6. ismailmarzuki

    entah kenapa gua tetep ga suka sama nokia?
    gua belon pernah punya hape merek nukieu? (yaa secara gua baru 2 kali beli hape, kekeke)
    tapi kalo terpaksa harus beli smartphone kayak gitu, sepertinya gua kudu nunggu iphone turun harga aja kali yee?

  7. Yandi

    Fab…
    Jangan lupa upgrade softwarenya selalu.. itu lumayan ngatasin masalah sering hang-nya.. Kalo binun caranya gmana, bawa aja ke nokia care centre.gretong kok selama masih masa garansi.
    Trus masalah bunyi “cekrek” di kameranya, tu HP bisa di hack supaya bunyinya ilang. Caranya gimana, lo buka http://www.forumponsel.com disitu ada topic khusus 5800. Nah, pas lo off kan bisa tuh baca2..hehehhe…

  8. @Mail, butuh saat ini dan dana terbatas bro, hehe. Iphone harganya jatoh karena ada iphone generasi terbaru khan. Kalo mau ngikutin mode dan teknologi, ga akan cukup dan puas john, jadi harus dibatasi…

    @Yandhi, udeh bang, kmaren dah upgrade softwarenya. Masih juga hang. Mungkin gw mau clain ke nukieunya ajah, secara baru juga 2 bulan. Wow inponya mantab broo. Btw gimana jadi (ato dibolehin sama istri) beli BB??? hehehe…

  9. Yandi

    Hmm.. napa ya masi suka hang? punyaku aman2 aja.. mungkin krn masi generasi pertama kali ya..
    BB-nya dicoret dari list barang2 idaman..skrg fokusnya ke rumah dan kendaraan.. hehehehehe….

  10. astraboy

    kalo suka nge hang, solusinya mesti di upgrade ke v.20 atau 21. kt org2 si gitu. yg v.30 gosipnya jg uda ada. dn stlh di upgrade, hilang tuh masalah sk nge hang atau mati tb2 hehe

  11. deddy

    punya ane hang mul apa na ya?

Leave a Reply

