Mendadak Phuket

Cerita bermula pada akhir bulan November 2009, dimana ketika itu  si Ledy menemukan iklan promo Air Asia ke Phuket, Thailand. Waktu itu sih emang jalur Jakarta – Phuket termasuk baru, jadi emang promonya banyak. Jadilah si Ledy binti Zara ini mengompori rekan – rekan se-Muara Badak buat liburan ke Phuket. Terus terang gw kagak begitu tau tentang Phuket, penjelasan yang gw dapet dari hasil ceting dengan teman di Singapore adalah “mirip kayak Bali gitu deh”, yaaaak cukup informatif bagi mereka – mereka yang pernah ke Bali, nah gw bloom pernaah booo, hahaha, malu – maluin bangeD dahh.

Usaha Ledy pun berbuah manis, delapan orang berhasil dia racuni. Bahkan Ami yang tadinya ga minat dan udah keabisan tiket promo tetap kena racunnya si Mbak penguasa Badak Plant ini. Daftar korban – korbannya: Gw, Piter, Aming, Rila, Ami, Tisyong, Cintha, dan Yunia. Setelah menyamakan jadwal dan sedikit bertengkar dengan para back to back-nya, maka disepakati kami ke Phuket 13 – 17 Januari 2010.

Emang kalo lagi promo harga tiket Air Asia murahnya ga masuk akal sehat, gw dapet  Jakarta-Phuket PP 713 rebu rupiah saja sodara – sodara. Dengan catatan gw ga pake bagasi, karena 8 orang temen gw pake bagasi gitu, jadi yaaa numpang laaa, hahaha. Ohh yaa, yang pake bagasi kena 773 rebu rupiah, *gw ama duit 60 rebu pedit amat yaa, hahaha*. Ami yang udah ga dapet harga promo, kena 1.2 jutaan gitu. Gw cinta bangeD dah sama maskapai ini, mangkanya gw rajin ngeliat webnya, harap – harap ada promo lagih, hehehe.

Membuat Rencana Perjalanan

Merencanakan mau ngapain ajah di Phuket adalah bagian yang membingungkan, karena kita orang, 9 kepala, 9 kepentingan (sebenernya 8 kepentingan sih, soalnya Ledy kan ama cowonya, jadi satu kepentingan laah, penting yaa info gw, hehehe). Terberkatilah Sir Tim Berners Lee yang menemukan World Wide Web, yang 19 tahun setelah penemuannya membuat kami, yang sebagian besar waktu dihabiskan di hutan, dengan mudahnya mencari informasi tentang Phuket, dari lokasi tempat – tempat menarik, hotel, transportasi, pusat – pusat keramaian, tempat makan, dan segala macamnya. Nih gw kasih link link yang cukup membantu, walo sebenernya kalo kalian googling juga bisa siih, hehe.

Link – link di atas sudah cukup memberikan gambaran sih tentang mau ngapain ajah di Phuket. Gw juga bersyukur banyak orang eksibisionis yang baek hati nge-share cerita – cerita perjalanan ke Phuket di blognya, jadi yaa makin gampang lah bikin rencana.

Phuket ini merupakan pulau kecil (Utara-Selatan = 48 km, Timur-Barat = 21 km ajah) yang letaknya di Thailand bagian selatan, katanya sih banyak orang muslimnya walo mayoritas penduduknya beragama Buddha. Sempet seneng karena berasumsi cari makanan halal gampang, tapi belakangan lieur karena menu babi dimana-mana, hahaha. Setelah ngubek – ngubek link di atas, kita sepakat untuk tinggal di Patong Beach, karena pantai ini katanya sihh yang paling rame dan pusat kumpulnya para wisatawan. Phuket pulaunya kecil ini, kalo mau maen kmana – mana gampang lah. Trus di Patong juga ada Bangla Road yang banyak jual pernak pernik buat oleh – oleh dan terus tempat makan tampak bertebaran, jadi yaa segala ada dah.

Penginapan! Ya, hal lain yang sangat penting yang harus dicari. Liat ajah list hotel di link yang ke-empat, penginapan – penginapannya udah di-rating gitu, jadi cukup menggambarkan mau nginap dimana berdasarkan kemampuan kantong. Kalo gw sih tidur dimana ajah bisa, gw cukup terbiasa tidur di tempat – tempat yang tidak umum, hehe. Tapi karena kita pergi banyakan dan ada cewenya, jadilah kita nyari penginapan yang nyaman laah. Setelah brosing – brosing, akhirnya kita dapet penginapan di Belle Aire Resort. Letaknya ga jauh dari pantai, cukup jalan 10 menitan lah. Trus dari testimoni – testimoni yang pernah nginep di situ katanya kamarnya luas, bersih dan nyaman. Kebanyakan testimoni ga suka sama bisingnya, karena di bawah hotel ini banyak bar – bar jedag jedug gitu lah.


Walo bersembilan, kita cuma pesen lewat internet dua kamar untuk 4 malam (13 – 17 Januari 2010), gaji berjuta – juta, tapi pedit minta ampun, haha. Waktu reservasi sih bilangnya satu kamar cuma untuk 3 orang (2 queen bed + 1 extra bed). Total semuanya 17200 Baht ato kira – kira 5.16 juta rupiah. Pas nyampe di hotel baru tau kalo si kamar itu maksimal bole ditempatin sama 3 orang sesuai dengan pemesanan, nah karena kita cuma mesen 2 kamar yang artinya cuma buat 6 orang, maka 3 orang harus bayar biaya tambahan. Biaya tambahannya seorang 500 baht per malam, jadi 3 orang selama 4 malam jadi nambah 6000 baht deh. Total kerusakan untuk 2 kamar selama 4 malem jadinya 23,200 baht ato 7 juta kurang dikit. Yahh kalo dibagi 9 orang kan jadinya 800 rebu rupiah kurang lah.

Walo kita nginep di Phuket 4 malem, cuma waktu yang bisa dipake jalan siang cuma 3 hari, karena nyampe Phuket tanggal 13 Januari sore, dan balik lagi ke Jakarta 17 Januari pagi buta. Oleh karena itu mau kmana aja di Phuket kudu direncanakan. Yang paling semangat bikin planning sih Ami, ampe dia bikin makalah singkat 12 halaman dengan judul “Phuket Fun Trip”, niat pisaaaan, hahaha. Isinya kumplit dari tempat yang mau dikunjungi, moda transportasi, sampe kuliner, hebaaaat dah Mi. Yaaahh walo pada akhirnya jadwalnya ga sesuai dengan rencana awal, hahaha, sori Mi. Awalnya kita merencanakan untuk ke Phi Phi Island (keknya ritual musti kudu wajib fardhu ‘ain, kalo ke Phuket pasti ke Phi Phi) trus ngeliat bencong – bencong Simon Cabaret (mau bikin cewe – cewe minder), sekedar leyeh-leyeh maen aer di Patong Beach, maen ke Phuket Town, wisata kuliner makan tom yam di tempat asalnya, nonton Thai Boxing, dan yaa secara bawa 6 cewe, blanjaa pastinyaa, hehe. Tempat – tempat yang laen liat ajah di link 10 Must See in Phuket sama 10 Best Tours in Phuket. Kemana ajah kita di Phuket??? yaaa ikutin terus ceritanya yaa, hehe.

Ehh iyaa, di web – web travelling banyak yang nawarin paket – paket tour ke Phi Phi Island, James Bond Island, Simon Cabaret, Fantasea, Elephant Tracking, dll, tapi di Phuketnya banyak ko agen – agen yang nawarin paket serupa, bahkan biasanya di agen – agen itu kerja sama juga sama hotel. Jadi ya menurut gw sih mendingan daptar tour – tour tersebut ato beli tiket pertunjukan pas di Phuket ajah, jadi ga terikat sama jadwal, namanya juga liburan kan, pengen nyantee, hehe.

Hal laen yang yang perlu disiapin adalah uang. Gw bawa uang dalam bentuk rupiah, baht, dan dollar. Rupiah gw pake buat bayar airport tax di Soekarno Hatta, baht gw bawa buat transaksi selama di sana, yang gw rencanakan untuk dihabiskan. Soalnya menurut gw kalo ada sisa dan sisanya dibawa lagi ke indo yaa rugi dong, karena harga kita beli dulu lebih gede dari harga jual, walo beda dikit sih. Nah dollar, gw bawa kalo ternyata si baht kurang, jadi gw tukerin dah tuh si dollar, kalo ga kepake juga gapapa thoo nyimpen dollar kan ada kemungkinan harga dollar naek. Ohh yaa rupiah tidak laku di sana, hehe.

Sunblock juga penting tuhh, karena di Phuket sana terangnya luar biasa, make sunblock ngebantu supaya kulit ga kebakar, kalo item sihh yaahh pasti, hahaha.

Segala siaap, tinggal brangkat deh. Dan inilah kami, siap liburan ke Phuket, sejenak melupakan hiruk pikuk bekerja kota Jakarta yang semakin sumpek, uhhmmm okee gw muleee ngarang, hahaha. Ga ngaruh itu Jakarta sumpek apa engga, lhaa kebanyakan dari kami kerjanya di hutan kok, hahaha, cuma Piter sama Aming ajah yang kerjanya di Jakarta. Berikut ini oknum – oknum yang ada di keseluruhan cerita perjalanan ini:

Siap brancuts…!! (ki-ka: Fabi, Cintha, Tisya, Piter, Ami)

Sudah sampai…!! (ki-ka: mbak-2 thai yang walo roknya udah dipendek-pendekin masih kalah sexy sama bencong Thailand, Rila, Cintha, Piter, Aming (paling belakang), Tisya, Yunia, Ledy, Ami (anak kecil di depan yang lagi latian nari))

Nah, selamat membaca petualangan 5 hari 4 malam kami..!!

Lanjut ke sambungannya…

2 Comments

Filed under Di Kala Nganggur, Info yang Smoga Penting, Jalan - jalan yuukk...

2 responses to “Mendadak Phuket

  1. La..

    Blom berangkat aja critanya uda segini…
    Gimana 5 hari 4 malam yaaa???
    Juara dah fab…
    Selamat mengarang bebaaasss…hehehe…

  2. achmad

    infonya penting dan berguna..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s