Pasta Bolognese a la Chef Fabidut

Whatt si gw masak?? yaaa benaarrr, heuheuheu. Semenjak kejadian gw terjebak hujan di rumah dan tidak ada makanan, gw bertekad akan belajar masak, yaaahh setidaknya membuat sesuatu yang bisa dimakan, enak atau tidak urusan nanti, hehehe. Sehari setelah kejadian itu gw ngamuk belanja, sekarang si kulkas udah terisi sama bahan – bahan makanan. Yang instan tapi, belum sanggup kalo kudu bikin sop buntut bakaar mah.

Wiken ini kebetulan gw males kemana – mana, tadinya siang mo beli gado – gado, dah lama ga makan sayur. Baru mau keluar, ehh ujan. Buka kulkas dan nemu pasta dan saus bolognaise yang baru aja gw beli tadi malem. Yeeaaahh, mari bereksperimen masak pasta. Keknya kan gampang, tinggal rebus pasta. Trus saosnya tinggal ditumis deh. Ga sia – sia kan ngikutin Chef Farah tiap wiken, heuheuheu.

Jadi yaa ibu – ibu, remaja putri dan cowo single yang tinggal di rumah sendirian sekalian, berikut ini bahan – bahan yang digunakan:

  • Pasta la fonte, gw beli yang bentuknya penne, itu lhoo yg kayak tubing dipotong – potong, 12 rebu dapet sebungkus gede.
  • Saos bolognese botolan merk agnesi, nah ini nihh bahan yang mahal bangeD, sebotol ukuran selai sarikaya 57 rebu sajah, demn laaahh. Coba kita liat abis buat brapa kali masak, nanti kita itung opexnya :p
  • Sosis sapi
  • Minyak goreng
  • Garem
  • Rasa percaya diri tinggi

Dan langkah – langkah memasaknya kira – kira begini (SOP ini masih issued for review yaaa) :

  1. Panaskan air sekira – kira lo lahh, pokoknya jangan ampe airnya menguap habis ketika pastanya belum mateng. Kalo airnya udah mendidih, masukin deh itu pasta.
  2. Karena gw ga tau kapan pastanya mateng, maka gw melakukan praktikum labtek, tiap beberapa menit gw ambi sampel dan dicek kekenyalannya. Memang sihh pada akhirnya cara ini ampuh, gw dapet pasta dengan derajat kekenyalan yang pas. Tapi demi menghemat effort lo gw saranin baca dulu petunjuk yang ada di bungkus pasta yang bilang “masak pasta selama 8-10 menit”. Yaa, gw lupa baca petunjuknya, fraakk!!!
  3. Kalo udah mateng, tiriskan si pasta.
  4. Panasin penggorengan yang udah dikasi minyak, trus goreng dehh si sosis. Pasta doang kan keknya kurang tuh ga ada lauk. Kalo mo goreng nugget bolee, tempe mendoan juga bole (pasta and mendoan?? hmmm interesting).
  5. Bikin saosnya gampang juga, tinggal masukin minyak ke penggorengan, ketika minyak sudah panas masukin si saosnya. Ketika saosnya udah agak harum, matikan kompor, angkat saosnya, dan buang ke tempat sampah.
  6. Yaaa benar, itu batch gagal sodara – sodara. Gw masukin minyak banyak sekali, pas saosnya udah jadi gw jijik ngeliatnya, minyak semuaa, hehe.
  7. Yang bener adalah minyaknya dikit aja, asal ngebasahin si penggorengan. Pas minyak udah panas masukin deh itu saos. Campurkan pasta ketika saosnya udah agak panas, aduk – aduk sebentar angkat deh. Btw, disarankan memakai baju ketika masak kalo ga mau kecipratan minyak panas. Yaaa benar, seluruh adegan dalam demo ini dilakukan dengan bertelanjang dada (dan bahkan ketika menulis postingan ini).
  8. Kalo kata si Trulika sih seharusnya ketika saosnya panas tambahin air sedikit, baru masukin si pastanya. Tapi sudahlahh, gandum sudah jadi pasta.
  9. Dan voilaaa, jadilah Pasta Bolognese a la Chef Fabidut, selamat makaan🙂

Makanlah menu ini ketika lapar, supaya rasa tak lagi jadi masalah :p

Entah karena lapar ato karena sifat narsisme gw yang besar, tapi rasanya ga buruk, mayan enaak laaah, hehe. Tapi kayaknya sihh ini lebih ke faktor saosnya yang emang mahal, uhuhuhu. Saatnya cuci piring. Sampai jumpa di menu menu selanjutnya🙂

4 Comments

Filed under Di Kala Nganggur, Info yang Smoga Penting, Kunyah mengunyah

4 responses to “Pasta Bolognese a la Chef Fabidut

  1. Dinie

    Haris, kalo gw lebih suka bumbu pasta merk
    La Fonte, lebih gurih n ga terlalu asam.
    Dan bumbunya gw tambahin lg dg bawang butih dan bawang bombay dipotong kecil.

    Tips gw, kalo ngerebus pasta lain kali tambahin minyak goreng dan garam di airnya.
    Minyak supaya si pasta ga nempel2, garam supaya lebih gurih.

    Abis tu numis pake margarin dikit, bawang putih n bawang bombay dinaksukin.
    Baru bumbu pasta, tambah merica sesuai selera.

    Untuk tambahan, biasanya gw pake sosis dan jamur shitake.

    Rasanya? So pasti enak dong, ga mesti laper deh kayanya😀

  2. Hooo ada yaa mbak dhinie, baeklah nanti saya cari saos la fonte ituu…pake garem kok saya, lupa ditulis, hehehe…

    Waahhh keren nih keknyaa resepnya, bolee lahh, nanti saya cobaaa, makasi yaa…

    • lintang

      Sepakat fab..
      Enaknya pake bawang bombay dipotong kecil2..
      Klo gw senengnya pake bayem, jamur, sama udang/kerang
      Plus keju serut pas udah jadi pastanya, biar meleleh kena panasnya si pasta
      Biar murah, saosnya bikin sendiri aja fab..

      Klo ga punya saos tomat bikin spaghetti carbonara juga gampang fab
      Tinggal modal telor sama krim doang.. eh, sama bawang, merica, keju ding.. hehe

      • Nahh itu dia Tang, gw kagak nyiapin bahan yang macem2, kan critanya emergency, hehehe…laen kali kalo gw bikin gw niatin deh, gw coba resep lo, hehehe, tengkyu yaaa…

Leave a Reply

