Gak Jelas :p

Dalam olahraga sepakbola kita sering melihat dan membaca kisah – kisah heroik para penyerang yang dengan golnya di menit – menit akhir, bahkan di injury time, menyelamatkan timnya dari kekalahan atau mungkin malahan membuat timnya menang. Penyerang tersebut disanjung setinggi langit, menjadi headline di tabloid olahraga atau namanya masuk dalam sepuluh besar trending topic di twitter. Tidak menjadi masalah jika penyerang tersebut selama 90 menit bermain buruk, sering kehilangan bola, salah mengoper bola, atau bahkan bermain kasar. Yang terpenting, dia mencetak gol, timnya menang, fans senang, pelatih bahagia, dan pemilik klub pun tertawa.

 

Di pihak lawan yang terjadi adalah kebalikannya. Barisan pertahanan mereka yang selama 90 menit tak tertembus harus menelan pil pahit kebobolan di menit akhir. Bukan aksi – aksi akrobatik sang penjaga gawang dalam menyelamatkan gawang yang akan ditulis di surat kabar, pun bukan bagaimana lugasnya para pemain belakang menerapkan strategi marking yang luar biasa hebatnya yang akan dikenang oleh para suporter. Komentar macam “Tim kami kalah karena blunder penjaga gawang” atau “kemenangan di depan mata sirna karena bek kami tidak fokus di akhir pertandingan” yang akan diontarkan oleh para suporter. Di daftar klasemen pun sangat jelas aturannya, menang dapat poin 3, seri dapat 1 dan nol untuk kekalahan. Tidak ada aturan pemberian poin untuk “hampir menang” atau “walau kami kalah tapi kami menerapkan sepakbola yang indah”.

 

Hidup bagaikan cerita di skenario yang kedua. Dahulu di tahun pertama kuliah, saya menjadi saksi bagaimana beberapa orang pintar yang betapa luar biasa prestasinya sewaktu SMA, namun hancur lebur sewaktu kuliah. Atau bagaimana saya diceritakan oleh teman saya tentang seorang engineer yang berbakat, pintar, dan selama bekerja menjadi kepercayaan atasannya, namun karena sedikit kesalahan yang dibuatnya hilang semua kepercayaan atasannya.

 

Dahulu Dosen Pengendalian Proses saya pernah mengajarkan bahwa dalam suatu sistem pemroses akan ada ganguan, gangguan yang akan membuat suatu parameter jauh dari set pointnya. Namun dengan adanya suatu sistem kontrol yang baik, parameter tersebut akan “dibawa” lagi menuju ke set point-nya. Dalam proses kembali ke set point, nilai parameter tersebut berfluktuasi, dibutuhkan waktu untuk mencapai set point. Kejamnya hidup adalah seseorang dinilai ketika ia sedang dalam proses menuju set point-nya, dimana pada titik tersebut mungkin saja nilainya jauuh dari set point.

 

Begitulah kawan, hidup meminta kita untuk terus berlari. Kesialan adalah ketika kita dinilai pada saat kita sejenak berhenti untuk beristirahat. Tak ada guna sepanjang sepuluh ribu kilometer kita berlari dengan kecepatan 100 km/jam, kecepatan kita ada di nol km/jam ketika itu.

 

Yaahh berharap saja banyak orang bijak di luar sana yang bisa menilai kita tidak dari satu titik.

 

Oleh karena saya membuka tulisan ini dengan sepakbola, maka ijinkan saya menutupnya dengan sepakbola. Nampaknya enak jadi pemain gelandang bertahan. Perannya tidak menonjol, tapi tetap penting. Jika tim mencetak gol, mungkin ia tidak disanjung karena memang ia tidak terlibat dalam proses terciptanya gol. Namun, jika tim kebobolan sepertinya para pemain belakang dan penjaga gawang adalah orang yang lebih disalahkan. Nyaman dan tak terekspos.

 

Sudahlahh, saya sudahi saja meracau saya, mari…

1 Comment

Filed under Info yang Smoga Penting, Kebodohan

One response to “Gak Jelas :p

  1. ismailmarzuki

    ini tulisan maksudnya apa bro?
    saya lagi belajar jadi gelandang bertahan yang baik nih,
    tapi ternyata susah bener, dibutuhkan energi yang besar buat berlari mengejar bola ke sudut2 lapangan dann mengumpannya ke playmaker & striker, keberanian untuk duel dengan playmaker lawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s