Tips Bandara

Yeaah setelah hiatus menulis di blog ini akhirnya saya punya bahan untuk ditulis sodara2. Malu rasanya nyebut diri sebagai blogger kalau tulisan terakhir saya sudah 3 dasawarsa yang lalu, bahkan password akun blog ini pun sempat saya reset karena lupa.

Kali ini saya mau berbagi sedikit tips sok tau tentang bandara. Empat tahun terakhir jadwal kerja saya mengharuskan saya secara rutin bolak balik kota dan hutan. Artinya dalam sebulan minimal dua kali si saya mengunjungi suatu bandara. Coba kalo empat tahun, minimal 96 kali kan saya berada di bandara Soekarno-Hatta, suatu hal yg ga pernah saya bayangkan waktu kuliah dulu. Yaa wong dulu ajah pertama kali naek pesawat baru pas kuliah tingkat 3, itu pun karena harus Kerja Praktek di Palembang.

Okay, hal yang mau saya bahas adalah check in. Jaman dulu saya suka takut ketinggalan pesawat karena telat check in. Alhasil minimal satu setengah jam sebelum flight saya sudah duduk manis di ruang tunggu. Yaa wajar juga sih, secara kan harga tiket pesawat mahal yaa. Yang mau saya bahas di sini adalah check in untuk penerbangan domestik untuk pesawat garuda. Karena saya emang seringnya naek garuda untuk keperluan kerja, bukannya sombong ini yaa cuma belagu ajaa… Hehehe…

Seperti yang kita tau kalo penerbangan domestik garuda di bandara soetha ada di terminal 2F. Pas masuk terminal kita akan dihadapkan oleh berbagai macam pilihan cara untuk check in. Ada yang general check in untuk economy class dan business class, check in untuk anggota Garuda Frequent Flyer (GFF) silver, gold, dan juga GFF citibank, trus juga ada check in without bagage, dan terakhir ada mesin untuk self check in.

Dari sekian banyak cara pilihan check in mana yang lebih cepat?? Kalo menurut saya sih jelass paling cepat yaa kalo ngantri di business class, yaa jelas lah yaa, dengan jumlah kursi business class yang cuma sekitar 8 kursi per pesawat pastilah ngantrinya cepet. Pilihan ngantri cepet lain adalah check in dengan kartu GFF gold atau GFF citibank. Syaratnya yaa kudu jadi anggota dulu. Buat dapetin GFF gold itu keknya cukup susah, saya yang bolak balik tiap bulan aja GFFnya masih silver. Yaa mungkin karena tiket pesawat yang dikasi ke saya kelasnya masih economy kacrut kali yaa, makanya dapet milleagenya juga kecil. Kemudian untuk dapet kartu kredit GFF citibank sekarang sih udah ga bisa. Inget kan kasus citibank yang bermasalah sama debt collector? Nah gara2 kasus itu bank ini di-banned deh 2 tahun gak bole nyari nasabah kartu kredit baru.

Okay cara2 di atas adalah cara untuk kaum2 yang berpunya, gimana cara ente2 inlander inlander kere biar cepet check in? Menurut saya cara paling cepat dan praktis adalah dengan ke mesin self check in. Letak mesin self check in ini kalo dari pintu masuk 2F ada di sebelah kiri. Cara pemakaiannya mudah, tinggal masukin kode booking dan nomor kartu GFF (kalau ada) dan tinggal milih kursi deh. Bayar airport taxnya gimana? Tenang sodara2 bayar airport tax ntar pas di boarding room. Cepet dah, gak nyampe 10 menit udah bisa check in, soalnya ntah kenapa jarang orang memanfaatkan fasilitas ini. Entah gaptek atau entah kurang informasi, yang pasti jarang sekali yang memanfaatkan fasilitas self check in ini. Kekurangan dari self check in ini adalah hanya bisa melakukan check in pada waktu 2 jam sampai 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Kalo klean semacam saya yg suka mepet2 kurang cocok deh keknya, hehe.

Question: Mas mas, kalo saya udahlah tiketnya kelas ekonomi, trus gak punya kartu kredit citibank, Kartu GFF pun masih blue, eehh gara2 tadi malem nonton bola saya nyampe bandara 30 menit sebelum keberangkatan. Gimana yaa cara check in cepat??

Answer: Gini yaa dek, MATI AJA LO!!! niat kagak siih mo terbang??? Hehehe.. Yang pasti kalo ngantri di general check in panjangnya amit2, bisa2 saking lamanya ngantri situ dapet cewe trus nikah trus punya anak, lamaa lah pokoknya, apalagi kalo terbangnya pagi2. Naah trus yaa jangan pernah berpikir kalau yang namanya check in without bagage itu memberikan fasilitas check in cepat. Gak salah sih berpikir seperti itu, tapi yaa sekitar 20an calon penumpang juga berpikiran seperti itu, alhasil yaa antriannya panjang jugaaa.

So, kalo di situasi seperti itu gw biasanya seringnya langsung mengarah ke check in international, kalau dari pintu masuk terminal 2F langsung aja belok kiri dan lurus terus, nah ntar di counternya ada tulisan JEDAH. Naah biasanya ini counter sepi sesepi sepinyaa. Man, kita hidup di era digital, asal si petugas terhubung dengan jaringan garuda lo bisa didaptarkan. Gw jamin, ga nyampe 5 menit, lo udah bisa dapet nomor tempat duduk. Perasaan sewaktu jalan menuju boarding room dan ngeliat manusia2 susah2 ngantri tuuh gimanaa gituu, merasa menang laah, hahaha. Sedikit tips, kalo check in di counter international ada baiknya kita bayar airport tax dengan uang pas (40rebu), soalnya airport tax internasional kan 150 rebu, biasanya sih gak ada tuh kembalian 10rebuan.

Yah gitu deh kira2 hasil pengamatan saya selama 4 tahun ini bolak balik terminal 2F. Semoga infonya berguna. Setengahnya sih saya berharap ga ada yg baca postingan ini, soalnya kalo postingan ini mendunia *caileee* ntar counter internasional penuh lagi, hehehe.

12 Comments

Filed under Info yang Smoga Penting

12 responses to “Tips Bandara

  1. rila

    Hahaha.. Gw udah 3 kali kya gitu.. Gw lgsg nyamperin petugas nganggur dan bilang.. “Pak, pesawat saya 20 menit lagi berangkat” dan saya pun langsung di giring ke counter check in manapun yg paling nganggur.. Hehehe.. *tapi tetap lebih baik datang min satu jam sblm keberangkatan kalau ga mau dag dig dug*

  2. DEWA kali pun fab yg trik ke jedah itu.

  3. kebiasaan twitter, komentar di blog pun ikutan irit..

  4. gunna

    betul banget bro fab, baru ngalamin kemarin pas pulang tgl 5 nov. gw sampe bandara jam 5. boarding jam 5.25 hehehe..semua counter checkin di F4 penuh..bahkan yg executive class pun(gw kadang suka nyelonong situ :p). akhirnya ada petugas yg ngasih tahu untuk check in ke internasional. gw bayar airport tax nya sih disitu..untung dia punya kembalian hehehe..
    siip buat tips nya!!

  5. jheopardy

    Ada phone check-in ato city check-in jg dul, 4jam sebelum brangkat

  6. tjondro

    fab..mending lo ngantri 30 menit sebelum kebrangkatan deh..kek’nya bonus ngantri nya lebih pas buat loo…ngantri dapet cewe trus nikah trus beraaanaaak…*menohokkaliyaa*…wkakakaka

  7. Di kumpeni baru, bisa dapet GFF apa nih bro…? Hehe…

  8. udinzkie

    Ih fabian kacrut, gw baru tau lo punya blog. Gw lg bermasalah dgn web ceck-in garuda. Pas gw coba googling dengan kombinasi kata ” check-in, garuda, bemasalah, setan, bangke, sinyet ” eh malah nemunya blog lo ini. Entah kombinasi kata mana tuh yg matching antara key word yang gw masukin dengan blog lo. Kayaknya sih tiga kata yang terakhir deh… hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s